Tips Memelihara Genset Standby Agar Bisa Terus Digunakan

Tips Memelihara Genset Standby Agar Bisa Terus Digunakan

Eragenset – Disaat PLN telah melakukan tugasnya dengan baik untuk supply listrik yang selanjutnya bisa kita andalkan untuk menerangi rumah, bisnis dan gedung. Namun, masalah pemadaman listrik seringkali terjadi berulang kali baik karena kecelakaan atau bencana alam seperti banjir, gempa, badai dsb.

Memiliki sistem genset terutama genset standby yang telah dirancang dengan sangat baik serta terpelihara adalah perlindungan utama terhadap pemadaman listrik. Sistem genset bisa dipastikan akan beroperasi selalu saat diperlukan, namun ketika mendadak genset tidak bisa beroperasi, maka bisa jadi prosedur perawatan yang dilakukan keliru karena setidaknya ada 3 penyebab mengapa genset tidak bisa melakukan starting di antaranya karena tombol start berada dalam posisi OFF bukannya Auto, kekurangan charging atau karena aki untuk melakukan starting mati bahkan karena bahan bakar lama yang sudah terkontaminasi oleh zat lain dan kotoran.

Cara Memelihara Genset Agar Selalu Siap Saat Dibutuhkan

Karena daya tahan dari mesin solar yang masih tergolong tinggi maka umumnya seseorang harus melakukan pemeliharaan secara preventif. Setidaknya setelah membeli genset Anda sudah merencanakan jadwal pemeliharaan dan jadwal layanan yang berbasis pada kondisi lingkungan operasional genset serta aplikasi daya spesifik. Contohnya jika secara sengaja Anda seringkali memakai genset karena mengalami kondisi operasional ekstrem maka interval servis harus dipersingkat.

Genset yang Anda pakai secara berulang kali sebagai daya utama dalam kondisi ekstrem seperti ini, baiknya Anda melakukan pemeriksaan secara rutin, body check pada genset, jangan lupa untuk memeriksa seluruh body genset dengan seksama, coba periksa level oli, solar, saluran udara bahkan charger baterainya.

Memeriksa dan melakukan pemeliharaan pada barang pribadi akan membantu barang-barang tersebut tetap berada dalam kondisi terbaik bahkan terlihat seperti baru. Genset merupakan mesin yang sangat penting karena fungsinya yang sangat besar, berbeda dari barang pribadi lainnya, perawatan genset mungkin cukup rumit karena komponen-komponen pada genset cukup banyak namun proses pemeliharaan genset wajib dilakukan guna mengoptimalkan penggunaan genset di masa depan dan ketika membutuhkan fungsi genset Anda akan selalu bisa menggunakannya karena genset selalu beraada dalam kondisi yang prima.

Post a Comment

Your email is kept private. Required fields are marked *