Shuttle Omninas KD20

Shuttle Omninas KD20

 

Shuttle lebih dikenal sebagai produsen mini PC. Namun seiring berkembangnya dunia komputasi cloud, perusahaan ini mulai menjejakkan kakinya di ranah NAS (Network-Attached Storage) dengan menghadirkan Omninas KD20 yang ditujukan untuk segmen rumahan dan SOHO. Perangkat NAS dual-bay ini hadir dengan desain sederhana dengan garis lekuk halus di setiap sisi.

 

Berpadu dengan bahan plastik berwarna putih dan alumunium membuat KD20 terlihat sangat solid. Layaknya NAS lain, terdapat pintu untuk mengakses dua buah baki hotswap untuk meletakan harddisk. Namun sayangnya untuk memasangkan harddisk Anda harus menggunakan obeng. KD20 dibekali dengan prosesor berbasis ARM dual-core 0,75 GHz dan didukung memori DDR2 256 MB dan Shuttle tidak menyediakan opsi upgrade untuk memorinya. Selain itu KD20 dilengkapi port USB 3.0 dan slot kartu memori di bagian depan yang dapat secara otomatis memindahkan data yang terdapat pada ashdisk kartu memori ke dalam KD20.

 

Pada bagian belakang Anda akan menemukan satu buah kipas untuk mengeluarkan panas serta port LAN Gigabit untuk menghubungkan NAS ini ke router dan dua buah port USB 2.0. Antarmuka pengguna yang dihadirkan KD20 sangat sederhana dan memudahkan. Anda menentukan mode media penyimpanan seperti apa yang akan digunakan. Anda hanya perlu menentukan apakah JBOD, RAID 0 atau RAID 1 mode yang ingin Anda gunakan lalu klik “apply” dan Omninas akan mengurus semuanya. KD20 ini juga dapat digunakan sebagai Print Server, Multimedia Server dan yang paling menarik adalah ftur iTunes Server yang memungkinkan Anda memutar konten multimedia yang tersedia melalui perangkat iTunes secara langsung.

 

KD20 memiliki kemampuan baca tulis hingga 75 MBs dan 55 MBs yang terbukti saat pengujian menggunakan benchmark Intel NAS Perfomance Toolkit dan mengkolaborasi KD20 dengan dua buah harddisk WD Red 3TB. Meski tidak sama dengan spesifkasi yang tertulis, pada mode HDD tunggal Raid 0 dan Raid 1 kemampuan baca KD20 ini tidak mengecewakan, mampu menampilkan kecepatan baca rata-rata 62 MBs dan kecepatan tulis rata-rata 55 MBs. Saat digunakan untuk memutar video Omninas KD20 mampu menampilkan kemampuan baca dan tulis rata-rata yang seimbang pada angka 55 MBs. Meskl baru di ranah NAS, secara keseluruhan Shuttle Omninas KD20 menghadirkan performa memadai untuk penggunaan rumahan maupun SOHO. Antarmuka yang intuitif dan informatif sangat memudahkan bagi pemula sekalipun. Dengan harga US$195, Shuttle Omninas KD20 sangat pantas menjadi media penyimpanan di rumah Anda, apalagi jika melihat performa dan ftur yang dihadirkan.

Leave a Reply