Amensti Pajak Untuk Wajib Pajak Di Indonesia

Amensti Pajak Untuk Wajib Pajak Di Indonesia

Smconsult – Amensti pajak merupakan program pemerintah dalam membantu memberikan pengampunan pada WP yang mana meliputi penghapusan pajak terhutang, termasuk sanksi administrasi perpajakan juga sanksi pidana dalam bidang perpajakan di atas harta yang hingga sekarang belum dilaporkan. Cara pengambunan ini nantinya akan diberikan oleh pemerintah dengan syarat untuk membayar uang tebusan.

Siapa Saja pelaku Amnesti Pajak?

Kebijakan baru yang dijalankan oleh pemerintah ini bisa dimanfaatkan oleh beberapa pihak, terutama oleh wajib pajak orang pribadi, wajib pajak perusahaan atau badan, wajib pajak badan usaha mikro kecil dan menengah dan terakhir dimanfaatkan oleh orang pribadi maupun badan yang sampai sekarang belum terdaftar sebagai WP.

Siapa Pihak yang Menandatangani Surat Pernyataan?

Mereka yang mendapatkan kebijakan baru ini harus melakukan penandatangan surat pernyataan resmi amnesti pajak, diantaranya ada wajib pajak orang pribadi, penerima kuasa apabila pemimpin tertinggi tidak bisa hadir, pemimpin tertinggi yang dilihat berdasarkan akta pendirian badan usaha atau perusahaan atau dokumen lainnya yang menyatakan hal yang sama (khusus bagi wajib pajak badan).

Siapa yang Tidak Mendapatkan Amnesti Pajak?

Jika ada yang menerima kebijakan ini, pasti ada pula beberapa pihak yang tidak bisa menikmati dan memanfaatkan kebijakan ini, diantaranya adalah wajib pajak yang sampai saat ini sedang dalam masa penyidikan lalu berkas penyidikannya dinyatakan telah lengkap oleh kejaksaan, selanjutnya adalah wajib pajak yang sampai saat ini dalam proses peradilan atau menjalankan hukuman pidana.

Kapan Amensti Pajak Mulai Berlaku?

Kebijakan amnesti pajak akan mulai diberlakukan di Indonesia, mulai 31 Maret 2017 dan nantinya akan terdapat 3 periode, yakni:

  1. Periode pertama dimulai sejak tanggal pengundangan sampai 30 September 2016
  2. Periode kedua sejak 1 Oktober 2016-31 Desembar 2016
  3. Periode terakhir dari 1 Januari 2017-31 Maret 2017

Masing-masing periode amensti pajak memiliki tarif yang berbeda, baik untuk mengungkapkan harta yang telah dialihkan kea tau berada di RI maupun pengungkapan harta yang ada di luar negeri, dan tidak sedang dialihkan ke dalam negeri.

Post a Comment

Your email is kept private. Required fields are marked *