2 Tipe Proyektor Untuk Perangkat Home Theater

2 Tipe Proyektor Untuk Perangkat Home Theater

Smilesmultimedia – Punya home theater sendiri pastinya menyenangkan, karena Anda bisa menghabiskan waktu liburan akhir pekan di rumah dengan cara yang menarik dan keren. Ada banyak sekali tontonan menarik yang sayang rasanya bila dinikmati di layar TV yang minim, maka dari itu mengapa tidak mencoba untuk memproyeksikan film ke layar lebih besar dengan menggunakan proyektor.

Proyektor mungkin biasa dipakai di kantor, namun penggunaan proyektor di rumah sebagai bagian dari home theater pun tidak asing lagi, banyak orang yang sengaja membeli proyektor untuk kepentingan pribadi termasuk untuk menonton film. Berikut ini tipe proyektor yang cocok untuk digunakan sebagai perangkat home theater:

DLP Projectors

Salah satu tipe proyektor yang hingga saat ini masih dikembangkan adalah DLP Proyektor. Merupakan teknologi menarik yang berhasil dikembangkan oleh Texas Instruments, dengan menggunakan basis DMD (Digital Micromirror Device) chip yang dibuat dari jutaan cermin berukuran super kecil. Tiap cerminnya dipakai untuk tiap pixel layar. Citra yang masuk selanjutnya diolah dalam color disk/wheel dengan basis merah, biru atau hijau. Setelahnya, citra akan direfleksikan di berbagai sudut dengan kecepatan tinggi melalui DMD. Dengan memerhatikan format resolusi dan perbandingannya yang sama, proyektor ini bisa menampilkan gambar dengan contrast dan pizel lebih besar daripada LCD Proyektor, maka dari itu tidak heran jika Anda perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli proyektor tipe ini.

LCD Projectors

Tidak mau kalah dari DLP Proyektor, ada juga LCD Proyektor, teknologi super canggih ini mampu mengolah cahaya dengan sangat baik dengan melakukan pemerataan pada brightness maka gambar yang akan muncul bisa terlihat jernih. Tipe proyektor ini bisa dibilang sebagai tipe proyektor yang paling dominan digunakan dalam berbagai kondisi dan lingkungan, termasuk di lingkungan rumah sebagai perangkat home theater. Dengan menyaring citra melalui filter 3 warna, yaitu warna primer hijau, biru juga merah, LCD Proyektor akan memancarkan citra ke LCD Panel untuk kemudian diproses lagi hingga menampilkan gambar atau film dengan kualitas yang cukup baik.

 

Leave a Reply